CATU DAYA  

Posted by: Suryaningsih


Pencatu daya (Power Supply) merupakan bagian penting dalam suatu rangkaian yang berfungsi sebagai sumber tenaga listrik seperti baterai atau accu. Perannya sangat menentukan bagi bekerjanya  peralatan seperti radio, tape recorder, pesawat TV dan lain-lain.

Selain itu pencatu daya banyak digunakan sebagi catu daya dalam berbagai macam praktek dan percobaan pembuatan rangkaian elektronika. Sebenarnya dalam melaksanakan suatu percobaan rangkaian elektronika bisa saja sebagai sumber tenaganya menggunakan baterai atau accu namun kurang praktis dan tidak efisien, sebab pemakaian baterai atau accu sifatnya terbatas dan tidak tahan lama.

Catu daya dapat dibuat dengan sumber arus listrik searah (DC) yang dapat dipakai secara terus menerus. Untuk tujuan melaksanakan percobaan-percobaan dan memenuhi kebutuhan tegangan yang bervariasi kini dengan tersedianya berbagai macam komponen penstabil, kita dapat membuat sendiri pencatu daya yang dapat menghasilkan tegangan listrik arus searah (DC) yang stabil dan tidak terpengaruh oleh perubahan tegangan input dan perubahan beban.

Dengan mampu merangkai dan membuat catu daya, maka akan diketahui pula prinsip-prinsip kerja catu daya. Itulah yang melatarbelakangi dilakukannya percobaan ini.

More........................ 

This entry was posted on Senin, Mei 14, 2012 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar