ARUS SEARAH (DC)  

Posted by: Suryaningsih


Arus searah (DC) adalah aliran searah dari muatan listrik . Arus searah dihasilkan oleh sumber seperti baterai , termokopel , sel surya , dan pembalik-jenis mesin listrik dari dinamo tipe. Arus searah dapat mengalir dalam konduktor seperti kawat, tetapi juga dapat mengalir melalui semikonduktor , isolator , atau bahkan melalui vakum seperti dalam elektron atau ion balok . Para muatan listrik mengalir dalam suatu arah yang konstan, yang membedakannya dari arus bolak-balik (AC). Sebuah istilah yang sebelumnya digunakan untuk arus searah adalah arus galvanik.

Arus searah dapat diperoleh dari pasokan arus bolak-balik dengan menggunakan pengaturan arus beralih disebut penyearah , yang berisi elektronik unsur-unsur (biasanya) atau unsur-unsur elektromekanis (historis) yang memungkinkan arus mengalir hanya dalam satu arah. Arus searah dapat dibuat menjadi arus bolak-balik dengan inverter atau satu set motor generator.

Komersial pertama transmisi daya listrik (yang dikembangkan oleh Thomas Edison di akhir abad kesembilan belas) digunakan arus searah. Karena keuntungan yang signifikan dari arus bolak atas arus searah dalam mengubah dan transmisi, distribusi tenaga listrik hampir semua arus bolak-balik hari ini. Pada pertengahan 1950-an, ASTT transmisi dikembangkan, yang sekarang menggantikan tegangan tinggi yang lebih tua bolak sistem saat ini. Untuk aplikasi yang memerlukan arus searah, seperti rel ketiga sistem tenaga, bolak saat ini didistribusikan ke gardu, yang memanfaatkan penyearah untuk mengubah kekuatan untuk langsung saat ini.

Arus searah digunakan untuk mengisi baterai, dan dalam hampir semua sistem elektronik, sebagai catu daya. Jumlah yang sangat besar daya arus searah yang digunakan dalam produksi aluminium dan elektrokimia proses. Arus searah digunakan untuk beberapa kereta api propulsi, khususnya di daerah perkotaan. tegangan tinggi arus searah digunakan untuk mengirimkan sejumlah besar kekuasaan dari situs generasi terpencil atau untuk menghubungkan jaringan listrik bolak saat ini.

     More.....................................
http://www.4shared.com/file/Mpd50b9h/LAPORAN_ARUS_SEARAH___DC__.html

This entry was posted on Senin, Mei 14, 2012 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar